Searching...
Rabu, 01 Januari 2014
1/01/2014 01:40:00 AM

Kesombongan Diri

Kesombongan Diri
Budi, seorang anak laki-laki yang masih duduk di kelas 4 sekolah dasar disuatu kota, baru saja memenangkan sebuah medali sebagai pembaca terbaik di kelas. Terbuai oleh kesombongan, ia menyombongkan diri dihadapan pembantu di rumah, “Bibi, coba lihat, jika mau, bibi dapat membaca sebaik saya”. Pembantu itu mengambil buku, memandangnya, dan akhirnya berkata dengan terbata-bata, “Nak Budi, saya tidak bisa membaca”.

Sombong seperti burung merak, anak kecil itu lari ke ruangan keluarga dan berteriak kepada ayahnya, “Yah, Bibi tidak bisa membaca, sedangkan saya meski baru berumur 9 tahun, saya sudah dapat medali untuk kehebatan membaca, saya jadi ingin tahu bagaimana sih perasaannya memandang buku tapi tidak bisa membaca”.

Tanpa berkata sepatah kata pun. Ayahnya berjalan ke rak buku, lalu mengambil sebuah buku dan memberinya kepada anak semata wayangnya, “Bibi merasa seperti ini”, kata ayahnya. Budi mengamati  buku tersebut dan membolak balik halamannya, lalu kemudian diam terpaku memandangi buku tersebut. dan sang ayah mengusap kepala anak kesayangannya dengan penuh kasih.

Anak laki-laki itu tidak akan pernah melupakan pelajaran itu untuk seumur hidupnya. Bila perasaan sombong datang, dia dengan tenang akan mengingatkan dirinya, “Ingat, kamu tidak bisa membaca dalam bahasa Jerman”.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan :)

.
 
Back to top!